Bulan: Agustus 2024

Lodewijk F. Paulus Berharap DPR Terus Tingkatkan Kinerja di Ketiga Fungsinya


Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus.

Berita Golkar – Momentum hari ulang tahun DPR RI ke-79 menjadi pengingat bagi DPR RI untuk mengevaluasi kinerja satu tahun lalu dan mengurai kembali apa yang harus dilakukan dalam satu tahun ke depan.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus kepada Parlementaria usai menghadiri Rapat Paripurna Peringatan HUT ke-79 DPR RI.

“Hari ini adalah hari ulang tahun yang ke-79 DPR RI dan tentunya kalau kita berbicara ulang tahun berarti kita mengevaluasi apa yang sudah dilakukan satu tahun lalu dan apa yang akan dilakukan pada satu tahun ke depan,” kata Lodewijk, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8/2024).

Lodewijk mengapresiasi setiap kerja dari Anggota DPR RI Periode 2019-2024 serta jajaran staf di Sekretariat Jenderal DPR RI, dan rekan-rekan media yang sudah membantu kerja-kerja DPR RI dalam melaksanakan ketiga fungsinya, yakni legislasi, anggaran, dan pengawasan.

“Nah ini tentunya hasil kerja dari seluruh teman-teman anggota DPR RI kemudian staf Setjen dan tentunya media yang selalu memberitakan kegiatan DPR RI, baik di daerah maupun tingkat pusat,” ungkap Politisi Fraksi Partai Golkar tersebut.

Terakhir, ia pun berharap DPR RI dapat terus meningkatkan kinerja-kinerja baik yang telah dilakukan selama ini.

“Kita berharap tiga fungsi dari DPR dilaksanakan makin intens. Tentunya kita berharap dengan kinerja yang sudah bagus pada era waktu 2024 ini akan dapat dilanjutkan pada era-era berikutnya. Dan harapan saya tentunya DPR RI terus dapat meningkatkan kinerjanya,” tutup Legislator Dapil Lampung ini.

Bahas RAPBN 2025, Golkar Dorong Pemerintah Perkuat Daya Beli Masyarakat


Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Puteri Komarudin.

Berita Golkar – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan mengusulkan sejumlah target dalam penyusunan RAPBN Tahun Anggaran 2025, diantaranya pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2 persen.

Menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Puteri Komarudin mendorong pemerintah untuk senantiasa memperkuat daya beli masyarakat.

“Konsumsi menyumbang hingga 54 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) kita. Sehingga, untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi 2025, pemerintah perlu terus mendorong kebijakan yang dapat mengintervensi daya beli masyarakat. Tidak hanya menyasar pada kelompok miskin, tetapi juga kebijakan yang menyasar kelompok menengah,” ungkap Puteri melalui rilis yang diterima Parlementaria, Rabu (29/8/2024).

Berdasarkan data BPS mencatat jumlah penduduk kelas menengah dan menuju kelas menengah mencapai 185,35 juta orang atau setara 66,4 persen dari total penduduk Indonesia tahun 2024.

Selain itu, kelompok ini memiliki pengeluaran mencakup 81,49 persen dari total konsumsi masyarakat.

Oleh sebab itu, Puteri menilai potensi kelas menengah harus dioptimalkan untuk menggerakkan perekonomian.

“Memang pada RAPBN 2025, pemerintah mengusulkan anggaran perlindungan sosial hingga Rp504,7 triliun. Namun, harus dipastikan penyalurannya tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, sejumlah insentif pajak untuk kelas menengah memang telah diterapkan, seperti insentif pembelian properti dan kendaraan listrik. Sehingga, kami harap ada perbaikan dan pengembangan lebih lanjut dari insentif ini,” urai Puteri.

Lebih lanjut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan perlunya perbaikan dari segi desain pajak maupun instrumen fiskal secara keseluruhan untuk menargetkan setiap kelompok masyarakat, terutama pada kelompok menengah ke bawah yang seharusnya bisa menikmati insentif yang lebih banyak.

“Bansos mayoritas mungkin dinikmati oleh 40 persen terbawah. Tapi, subsidi dan kompensasi itu dinikmati merata oleh seluruh kelas masyarakat, dari kelas yang paling bawah hingga kelas yang paling atas. Dan untuk PPN yang dibebaskan tadi yang jumlahnya lebih dari Rp100 triliun itu mayoritas dinikmati oleh kelompok atas,” papar Sri Mulyani dalam Rapat Kerja di Komisi XI DPR RI, Rabu (28/8).

Menutup keterangannya, Puteri mengingatkan pemerintah untuk mewaspadai perlambatan permintaan masyarakat yang berpotensi berdampak pada kinerja industri manufaktur di Indonesia.

Apalagi, Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia tercatat sedikit mengalami pelemahan menjadi 50,7 pada Juni 2024, dari Mei 2024 yang mencapai 52,1.

Ketua Golkar Berau Berkeyakinan Kemenangan Sragam di Atas 60 Persen


Ketua DPD Partai Golkar Berau, Andi Amir Hamsyah.

Berita Golkar – Ketua DPD Partai Golkar Berau, Andi Amir Hamsyah menyebut saat ini Partai Golkar tetap solid untuk mendukung pasangan Sri Juniarsih dan Gamalis (Sragam) dalam Pilkada 2024.

Hal itu dikatakannya sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh DPP Partai Golkar kepada DPD Partai Golkar Berau, untuk memenangkan pasangan Sragam di Pilkada pada November mendatang.

“Di koalisi Sragam, Golkar paling besar suaranya. Partai Golkar siap bergerak total untuk pemenangan Sragam,” ujarnya ditemui usai pendaftaran paslon Sragam di KPU Berau, Rabu (28/8/2024).

Lanjut Andi Amir, saat ini keyakinan dirinya terhadap kemenangan paslon Sragam berada di presentase 60 persen. Namun ia yakin presentase itu akan terus bertambah seiring dengan solidaritas dan kinerja tim yang mengusung paslon Sragam.

“Kalau kami selaku partai pengusung koalisi, berkeyakinan menang 60 persen ke atas. Karena sisanya kita harus tetap berupaya keras melalui kerja-kerja keras, kerja tim yang baik, harus solid di lapangan,” katanya.

Dikatakannya, meski telah dikenal masyarakat luas, namun paslon Sragam tetap harus bisa membaca peta politik di mana masyarakat tidak hanya terpaku pada satu paslon.

“Kalau yang kami usung ini kan memang di tengah-tengah masyarakat sudah dikenal luas. Tapi masyarakat bukan melihat dari situ biasanya. Ya, dari pergerakan nanti tim Sragam ini bagaimana ke depan.,” jelasnya.

Andi Amir juga menyebut hingga saat ini belum ada penentuan susunan kepengurusan di dalam koalisi.

“Besok malam ya rencananya (malam ini), baru semua ketua partai, sekjen sama bendahara mau ketemu. Habis itu ada pembentukan tim pemenangan. Baru ada dibagi job masing-masing sesuai dengan partai,” terangnya.

Perihal Haji, John Kenedy Azis Nilai Ada Ketidaksesuaian Keterangan Antar Narasumber


Anggota Panitia Khusus (Pansus) Haji DPR RI, John Kenedy Azis.

Berita Golkar – Anggota Panitia Khusus (Pansus) Haji DPR RI John Kenedy Azis menyebut bahwa ada temuan baru terkait adanya ketidaksesuaian.

Ketidaksesuaian yang dimaksud yakni ketidaksesuaian antara keterangan satu dengan keterangan narasumber lainnya dalam proses bertemunya tim pansus dengan para narasumber yang dihadirkan mengenai haji.

“Ya, kita kait-kaitkan. Misalnya keterangan siapa yang sudah kita periksa, kita hubungkan dengan keterangan dengan Pak Nasrullah. Dari penemuan ini, kami melihat ada suatu ketidaksesuaian. Ketidaksesuaian antara keterangannya satu dengan keterangannya lainnya. Jadi seperti dibuat-buat gitu ya. Ya silahkan aja,” jelas John kepada tim Parlementaria disela rapat pansus haji, Gedung Nusantara I DPR RI, Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Sebelumnya, ia mengungkapkan bahwa alasan diundangnya Kepala Kantor Urusan Haji di Arab Saudi, yakni Nasrullah Jasa, dalam Rapat Dengar Pendapat Umum yakni karena posisinya yang merupakan penanggung jawab terkait urusan haji di luar negeri.

Jabatan ini merupakan jabatan yang yang menentukan, yang mengkoordinasikan tentang pelaksanaan haji di luar negeri, baik itu berkaitan dengan merekrut syarikat untuk masyair atau untuk yang di armusna, hotel, katering, atau lainnya.

“Mereka lah yang mengkoordinasikan Pak Nasrullah ini. Begitu juga dengan pertemuan-pertemuan menteri yang berkaitan dengan urusan haji di luar negeri atau khususnya di Arab Saudi. Nah, kami mencoba menggali keterangan antara keterangan saksi yang lain dengan keterangan Pak Nasrullah ini,” lanjut Politisi Fraksi Partai Golkar ini

John melanjutkan, ketidaksesuaian yang dimaksud olehnya yakni terkait kuota haji. Ia menjelaskan bahwa pada awalnya, kesepakatan mengenai kuota haji telah dibahas dan diputuskan dalam rapat.

Adapun kesimpulan rapat juga menjadi dasar hukum atas terbitnya peraturan presiden.

“Nah, kemudian yang menjadi intinya kita gitu kan, titik sentralnya kita. Kok keputusan rapat dengan mudahnya dibatalkan lagi sama kementerian agama gitu. Itu yang kita inginkan,” lanjutnya

Sedangkan berdasarkan Undang-Undang MD3 itu, lanjutnya, keputusan rapat itu wajib dilaksanakan oleh pemerintah. Sehingga menurutnya, istilah kuota tambahan tersebut sudah tidak ada lagi.

“Pasca kesimpulan rapat itu tidak ada lagi keputusan rapat. Tidak ada lagi kuota tambahan. Pasca kesimpulan rapat itu. Karena apa? Dalam kesimpulan rapat itu kuota itu sudah digabungin semua. Menjadi 241 ribu. Jelas di situ berapa untuk haji reguler, berapa itu untuk haji khusus,” tekannya.

Maka dari itu, dirinya mengungkapkan masih akan memantau kelanjutan dari penggalian informasi dalam panja haji ini.

“Ya, gitu. Ya, nanti kita sama-sama lihat lah. Ya, saya tidak bisa menjustifikasi orang salah besar atau salah apa,” pungkasnya.

Resmi, Ridwan Kamil-Suswono Daftar Cagub-Cawagub Jakarta ke KPU DKI


Ridwan Kamil (RK) dan Suswono resmi mendaftar sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta.

Berita Golkar – Ridwan Kamil (RK) dan Suswono resmi mendaftar sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta.

RK-Suswono menjadi pasangan kedua yang mendaftar ke KPU, setelah pasangan Pramono Anung-Rano Karno.

Pantauan wartawan, di KPU DKI, Jakarta Pusat, Rabu (28/8/2024), RK-Suswono tiba sekitar pukul 13.56 WIB.

RK-Suswono terlihat diantar oleh jajaran partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus sebagai parpol pendukungnya.

Keduanya langsung masuk ke dalam kantor KPU dan melakukan pengisian buku pendaftaran. Kedatangan RK-Suswono disambut oleh Ketua KPU DKI Wahyu Dinata.

Proses pendaftaran itu dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kemudian perwakilan RK-Suswono, dari Partai Gerindra Rani Mauliani memberikan keterangan. Ia menyebut RK-Suswono didukung 15 partai politik.

RK-Suswono kemudian menyerahkan dokumen pendaftaran syarat cagub-cawagub kepada Ketua KPU DKI dan anggota KPU lainnya.

Wahyu pun tampak menerima dokumen persyaratan tersebut. Selanjutnya, RK serta Wahyu memberikan sambutannya. Sesi pendaftaran ini ditutup dengan foto bersama.

Diketahui pendaftaran pasangan calon kepala daerah dimulai 27-29 Agustus 2024. Untuk 27 dan 28 Agustus dari pukul 08.00-16.00 WIB, sedangkan pada 29 Agustus dari 08.00-23.59 WIB.

Sementara itu, penetapan pasangan calon dilakukan 22 September 2024. Kemudian, kampanye akan dimulai 25 September-23 November 2024.

Desain Kostum Kontingen Indonesia di Paralimpiade 2024 Paris, Menpora Dito Apresiasi Desainer Didiet Maulana


Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo bersama Desainer Didiet Maulana dan Direktur Utama PT Mitra Kreasi Garmen Stevendy Tjen di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8) siang. 

Berita Golkar – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada desainer Indonesia Didiet Maulana yang berkolaborasi dengan Mills untuk membuat desain kostum kontingen Indonesia yang akan berjuang di Paralimpiade 2024 Paris.

Hal itu disampaikan Menpora Dito pada acara konferensi pers bersama Desainer Didiet Maulana dan Direktur Utama PT Mitra Kreasi Garmen Stevendy Tjen di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8) siang. 

“Saya sangat mengapresiasi dan bangga dimana pada Paralimpiade 2024 Paris ini kita bisa mengangkat potensi desainer muda kita asli Indonesia ke kancah dunia. Hasilnya saya sangat yakin memuaskan, karena masyarakat animonya sangat tinggi sekali. Makanya saya ingin kostum ini nanti diproduksi massal, karena belajar dari Olimpiade 2024 Paris kemarin,” kata Menpora Dito.

Menpora Dito juga menyampaikan rasa bangga bahwa jersey yang akan dipakai para atlet Indonesia yang akan berjuang di Paralimpiade 2024 Paris merupakan karya putra terbaik bangsa.

Menurutnya, dengan memadukan potensi olahraga, anak muda, kreativitas, dan budaya, akan menambah semangat atlet Indonesia yang akan berjuang mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

“Kita harus bangga bahwa jersey yang dipakai para atlet kita merupakan karya putra terbaik bangsa, Mas Didiet Maulana. Dengan motif yang mengusung tema “Sandya Niskala” dalam bahasa sansekerta Sandya berarti persatuan dan Niskala berarti kuat dan kokoh. Saya harap kolaborasi ini menambah animo masyarakat untuk mendukung perjuangan atlet kita,” ujar Menpora Dito.

Sementara Didiet Maulana menyampaikan terima kasih kepada Menpora Dito yang mendukung dirinya untuk berkontribusi memberikan semangat kepada atlet Indonesia yang berjuang di Paralimpiade 2024 Paris dengan mendesain kostumnya.

Didit menjelaskan desain dan corak warna dalam kostum tersebut diharapkan bisa menambah semangat atlet Indonesia yang terngah berjuang di Paralimpiade 2024 Paris.

“Dari warna-warna ini, IKAT Indonesia by Didiet Maulana ingin menghadirkan nuansa yang energik, semangat baru, dan harapan yang baik bagi para atlet Indonesia yang berjuang dalam kompetisi,” katanya.

Resmi, Partai Golkar Dukung Rico- Zaki di Pilkada Medan


Ketua Golkar Sumatera Utara, Musa Rajekshah menyerahkan surat keputusan rekomendasi berupa B1KWK dari DPP Golkar diberikan kepada. pasangan Rico – Zaki di Kantor Golkar Sumut Jalan Sudirman.

Berita Golkar – Partai Golongan Karya (Karya) merealisasikan dukungan konkrit terhadap pasangan Rico Tri Putra Bayu Waas dan Zakiyuddin Harahap di Pemilihan Kepala Daerah Kota Medan 2024.

Dengan demikian, pasangan Riko-Zaki telah mengantongi dukungan 31 kursi dari partai politik di DPRD Medan.

Penyerahan surat keputusan rekomendasi berupa B1KWK dari DPP Golkar diberikan Ketua Golkar Sumatera Utara, Musa Rajekshah secara langsung kepada pasangan Rico – Zaki di Kantor Golkar Sumut Jalan Sudirman, Medan, Rabu sore, 28 Agustus 2024.

Pasangan Rico-Zaki sebelumnya telah mendapat dukungan dari parpol seperti NasDem, Gerindra, PKB, Perindo, PSI, dan Demokrat.

“Dengan bergabungnya Golkar mendukung Rico-Zaki, tentu menambah kekuatan mesin politik kita untuk memenangkan Pilkada Medan 2024 ini,” kata Bakal Calon Wali Kota Medan, Zakiyuddin Harahap usai penyerahan B1KWK tersebut.

Rico-Zaki siap berkoordinasi dengan gabungan parpol pendukung tersebut, terutama dalam persiapan pendaftaran pasangan calon ke kantor Komisi Pemilihan Utama Kota Medan pada hari terakhir, Kamis, 29 Agustus 2024.

“Ya, kami akan menggelar rapat malam ini dengan seluruh pimpinan parpol tingkat Kota Medan untuk membahas persiapan jelang pendaftaran besok ke KPU Medan. Semoga semuanya berjalan lancar hingga pendaftaran di KPU,” kata wakil ketua Gerindra Sumut tersebut.

DPD Golkar Sumut sebenarnya telah menyerahkan lagi SK rekomendasi B1KWK kepada 17 bacakada di Sumut, termasuk untuk paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan, Rico Waas dan Zakiyuddin Harahap pada Senin malam (26/8).

Musa Rajekshah berharap kemenangan Partai Golkar di Sumut saat Pileg dan Pilpres kemarin memberi pengaruh yang baik untuk Pilkada Sumut.

Ia pun meminta bacakada yang telah menerima B1KWK untuk menguatkan tekad dengan penuh rasa tanggungjawab.

“Golkar akan mendukung sepenuhnya calon kepala daerah yang telah menerima surat rekomendasi ini, kita akan panaskan mesin partai dan berharap bisa memenangkan kontestasi kepala daerah yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat serta bangsa dan negara,” ucap pria yang akrab disapa Ijeck tersebut.

Ketua Komisi II DPR RI, Doli Kurnia: Penyelesaian Penataan Non ASN Paling Lambat Desember 2024


Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia.

Berita Golkar – Komisi II DPR RI menggelar rapat kerja dengan Menteri PANRB dan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Plt Kepala BKN membahas terkait nasib para tenaga non ASN.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia selaku pemimpin rapat mengungkapkan pihaknya menyepakati setidaknya enam hal kesimpulan, diantaranya menjamin kepastian penyelesaian penataan tenaga non ASN paling lambat pada Desember 2024 dan meminta Kementerian PANRB memasukkan ketentuan terkait penataan tenaga non ASN secara lengkap dalam Peraturan Pemerintah tentang Manajemen ASN.

”Terhadap sejumlah 1.783.665 orang tenaga non ASN yang terdaftar dalam database BKN yang belum diangkat menjadi PPPK, Komisi II DPR RI meminta Kementerian PANRB dan BKN memastikan seluruh tenaga non ASN dapat diangkat menjadi PPPK pada seleksi penerimaan PPPK Tahun 2024, dengan ketentuan;  tenaga non ASN yang mendaftar dan sesuai dengan formasi yang diusulkan langsung diangkat menjadi PPPK dan tenaga non ASN yang mendaftar dan tidak terdapat dalam usulan formasi, maka diangkat menjadi PPPK paruh waktu,” kata Doli saat membacakan kesimpulan rapat di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8/2024).

Lebih lanjut, terhadap tenaga non ASN yang terdata dalam database BKN namun saat ini sudah berhenti bekerja karena kebijakan Pemerintah Daerah terkait anggaran dalam 2 (dua) tahun terakhir, Komisi II DPR RI meminta Kementerian PANRB meninjau ulang kembali Keputusan Menteri PANRB No. 347 Tahun 2024 tentang Mekanisme Seleksi PPPK TA 2024 agar tenaga non ASN yang terdata dalam database BKN tetap bisa mendaftar seleksi penerimaan PPPK Tahun 2024 meskipun tidak lagi aktif bekerja.

”Sebagai upaya memudahkan penyelenggaraan dan pelayanan manajemen ASN serta penguatan pengawasan sistem merit, Komisi II DPR RI meminta Kementerian PANRB konsisten melaksanakan digitalisasi manajemen ASN secara nasional paling lama 1 (satu) tahun terhitung sejak UU ASN diundangkan sebagaimana amanat pasal 63 UU No. 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara,” papar Politisi Fraksi Partai Golkar ini.

Diakhir, Komisi II DPR RI mengusulkan untuk melakukan revisi UU Nomor 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Pusat dan Daerah khususnya pasal 146 agar peraturan 30% maksimal belanja pegawai di tahun 2024 dihapuskan agar seluruh tenaga honorer dapat menjadi PPPK.

”Menindaklanjuti Rapat Kerja hari ini, Komisi II DPR RI bersama Kementerian PANRB dan BKN akan menyelenggarakan rapat konsinyering dalam rangka menyusun road map penataan tenaga honorer dan menyempurnakan Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara,” pungkasnya.

Ijeck Ikut Antarkan Pasangan Bobby Nasution-Surya ke KPU Sumut


Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Musa Rajekshah, ikut mengantarkan pasangan Bobby Nasution-Surya mendaftar sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Medan, Rabu (28/8/2024).

Berita Golkar – Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Musa Rajekshah, ikut mengantarkan pasangan Bobby Nasution-Surya mendaftar sebagai Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Medan, Rabu (28/8/2024).

Sebelum menuju Kantor KPU Sumut, pria yang akrab disapa Ijeck ini menyampaikan kata sambutan di rumah pemenangan Bobby-Surya, di Jalan Putri Hijau, Kecamatan Medan Barat.

Keduanya sepakat akan memulai perjuangan memenangkan Bobby-Surya usai mendaftar ke KPU.

“Awal mulai perjuangan kita setelah mendaftar hari ini di KPU. Pastinya perjuangan ini tidak semudah yang dibayangkan, tapi dengan niat tulus dan ikhlas pasti Allah meridhainya, memudahkan semuanya. Semoga perjuangan ini membuah hasil terbaik,” ujar Ijeck.

Ijeck juga mengingatkan kepada seluruh tim pemenangan untuk selalu memberikan kesan yang baik kepada masyarakat saat berkampanye.

“Setiap kali kita berkampanye semoga memberi simpati kepada masyarakat,” jelasnya.

Paralimpiade 2024 Paris, Menpora Dito Akan Datang ke Paris Dukung Perjuangan Atlet Indonesia


Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo.

Berita Golkar – Motivasi dan dukungan akan diberikan langsung Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo kepada atlet Indonesia yang akan berjuang mengharumkan nama bangsa di ajang Paralimpiade 2024 Paris.

Hal itu disampaikan Menpora Dito pada konferensi pers di Media Center Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8) siang.

“Sore ini saya akan berangkat ke Paris untuk memberikan motivasi dan dukungan kepada atlet-atlet kita yang akan berjuang di Paralimpiade 2024 Paris,” ujar Menpora Dito.

Menpora Dito juga menyampaikan bahwa kekuatan kontingen Indonesia di Paralimpiade 2024 Paris kali ini mengalami peningkatan dibandingkan di Tokyo.

Dengan jumlah yang lebih banyak tersebut Menpora Dito yakin bisa menghasilkan prestasi yang lebih baik.

“Tahun ini, kontingen Indonesia akan diwakili oleh 35 atlet paralimpik dari 10 cabang olahraga yang berbeda. Angka ini meningkat dari paralimpiade sebelumnya yang dilaksanakan di Tokyo, dimana terdapat 23 atlet dari 7 cabor yang berbeda. Jumlah kontingen Indonesia tahun ini juga melebihi target National Paralympic Committee (NPC) yakni 28 atlet,” kata Menpora Dito.

“Saya yakin atlet kita bisa kembali menunjukan pesona bangsa di kancah dunia. Mari kita dukung dan doakan agar para atlet kita dapat memberikan performance kuat dan kokoh untuk bisa mengharumkan nama bangsa di kancah dunia,” tambahnya.

Untuk target sendiri, Menpora Dito berharap bisa lebih baik dari Paralimpiade 2020 Tokyo.

“Semoga prestasi yang diukir para atlet Paralympic Indonesia bisa lebih baik dari Paralimpiade 2020 Tokyo sebelumnya,” harapnya.

Scroll to top