Bulan: Juni 2024

Diisukan Jadi Menlu di Kabinet Prabowo-Gibran, Ini Jawaban Meutya Hafid


Ketua DPP Partai Golkar, Meutya Hafid.

Berita Golkar–Ketua DPP Partai Golkar Meutya Hafid menegaskan penentuan nama-nama yang akan mengisi kursi menteri pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka adalah hak presiden terpilih.

Ia mengaku belum ada pembahasan soal posisi menteri dari Partai Golkar di Kabinet Prabowo-Gibran.

“Belum pembahasan sepenuhnya. (Nama menteri) hak prerogatif presiden terpilih (Prabowo Subianto),” tutur Meutya di Gedung Nusantara II DPR, Rabu (27/6/2024).

Meutya menambahkan belum ada tawaran kursi menteri kepada dirinya. Sebelumnya, beredar isu Meutya Hafid bakal menjadi Menteri Luar Negeri di kabinet Prabowo-Gibran.

“Belum ada (tawaran),” ujar Meutya.

Ketua Komisi I DPR ini mengakui, memang ada keinginan dari Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto agar ada menteri yang diisi kader perempuan dari partai berlambang pohon beringin.

Namun, Meutya kembali menegaskan, bahwa yang dimaksud menteri perempuan dari Golkar belum tentu dirinya.

“Perempuannya belum tentu saya. Kami tunggu Pak Prabowo. Hak prerogatif sepenuhnya di beliau,” tegas Meutya.

Golkar Targetkan Menang Pilkada di 7 Kabupaten dan Kota di Riau


Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung.

Berita Golkar–DPP Partai Golkar meminta pengurus di tingkat Provinsi Riau mampu menyumbangkan kemenangan minimal 60 persen di Pilkada 2024.

Wakil Ketua Umum Korbid Pemenangan Pemilu DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan, DPP sudah memerintahkan DPD Golkar Riau dan calon gubernur dari Golkar berkontribusi pada 60 persen kemenangan pilkada.

“Secara nasional, DPP sudah menargetkan menang 60 persen di Pilkada serentak, termasuk di Riau bisa memberikan kontribusi minimal 60 persen,” tutur Doli di Pekanbaru, Rabu (26/6/2024).

Doli menambahkan, jika mampu mencapai target 60 persen kemenangan pilkada, Golkar Riau harus mampu menyumbangkan kemenangan di tujuh wilayah penyelenggaraan pilkada di Riau.

“Mudah-mudahan kalau 12 kabupaten dan kota, minimal menang di 7 atau 8 wilayah,” tegas Doli.

Sebelumnya, Doli resmi mengumumkan DPP Golkar mengusung nama Syamsuar sebagai calon gubernur Provinsi Riau di Pilkada 2024.

Pengumuman ini disampaikan Waketum Golkar Korbid Pemenangan Pemilu saat Konsolidasi Pemenangan Partai Golkar di Pilkada serentak di Pekanbaru, pada Rabu.

Bakal calon gubernur Provinsi Riau dari Golkar, Syamsuar menyatakan siap menjalankan tugas pemenangan dari Partai Golkar di Pilkada 2024.

Syamsuar menegaskan akan memenuhi target kemenangan pilkada dari Partai Golkar sebesar 60 persen secara nasional.

Khusus di Provinsi Riau, Syamsuar mengaku sudah membidik kemenangan di 7 kabupaten dan kota.

“Di Riau ada 12 kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada. Maka Partai Golkar harus memenangkan sebanyak 7 pilkada,” tutur Syamsuar, di Pekanbaru, Riau, Rabu.

Buka 21th ASEAN University Games 2024, Menpora Dito Berharap Indonesia Juara Umum


Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo.

Berita Golkar – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo berharap kontingen Indonesia bisa menjadi juara umum pada ajang 21th ASEAN University Games (AUG) 2024.

Hal itu disampaikan Menpora Dito usai membuka 21th ASEAN University Games (AUG) 2024 di International Basketball Arena Unesa, Surabaya, Selasa (25/6) malam.

“Saya harap Indonesia sebagai tuan rumah bisa menghasilkan prestasi yang membanggakan di ajang 21th ASEAN University Games (AUG) 2024. Saya harap kita bisa menjadi juara umum,” ujar Menpora Dito.

Menpora Dito juga menyampaikan sebagai tuan rumah, Indonesia berkomitmen menyelenggarakan AUG 2024 dengan standar terbaik.

“Kami telah menyiapkan berbagai fasilitas dan layanan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan peserta. Surabaya dan Malang siap menyambut kalian dengan keramahtamahan warm hospitality keindahan yang mereka miliki,” tambahnya.

Menpora Dito juga yakin melalu ajang ini para atlet Indonesia bisa memperluas koneksi dan menjalin persahabatan dengan atlet negara lain.

“Saya yakin, melalui semangat kompetisi ini, kalian tidak hanya akan meraih medali tetapi juga manfaatkan untuk memperluas koneksi, menjalin persahabatan dan saling menghormati,” harapnya.

Kontingen Indonesia sendiri berkekuatan 392 atlet dan 91 official. Merah Putih akan turun di 247 nomor pertandingan dari 18 cabang olahraga, yaitu panahan, atletik, bulutangkis, bola basket, mind sport (catur dan bridge), futsal, bola tangan, judo, karate, pencak silat, pentaque, sepak takraw, panjat tebing, renang, taekwondo, tenis, wushu, serta voli (indoor dan pantai).

Pada AUG edisi sebelumnya di Ratchatani Thailand, Indonesia menempati posisi tiga klasemen akhir dengan raihan 43 emas,39 perak, 37 perunggu. Pemimpin klasemen di tempati Thailand dan disusul Malaysia.

Pada opening ceremony, atlet wushu Seraf Naro Siregar tampil sebagai pembawa bendera Merah Putih Kontingen Indonesia.

“Tentu bangga dapat menjadi pembawa bendera di AUG 2024 dan semoga kami dapat memberikan prestasi terbaik untuk Indonesia,” ujar Seraf, peraih perunggu di Asian Games 2022 Hangzhou.

Dave Laksono Sebut 5 RUU Ratifikasi Atur Landasan Hukum Kerja Sama Pertahanan Tiap Negara


Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono.

Berita Golkar – Komisi I DPR RI menggelar Rapat Panitia Kerja 5 Rancangan Undang-Undang Ratifikasi bidang Pertahanan.

Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono mengungkapkan bahwa lima RUU Ratifikasi tersebut menyangkut negara India, Prancis, Kamboja, Brasil, dan Uni Emirat Arab, guna mengatur landasan hukum berdasarkan arah kerja sama pertahanan Indonesia dengan tiap negara.

“Terutama dalam melakukan kegiatan seperti latihan gabungan militer pertukaran sumber daya manusia teknologi dan kegiatan jual beli alutsista,” ujar Dave kepada wartawan usai Rapat Panja 5 RUU Ratifikasi Bidang Pertahanan di Gedung Nusantara II, DPR RI Jakarta, Senin (24/6/2024)

Lebih lanjut, Dave mengungkapkan bahwa meski masing-masing RUU itu memiliki tujuan yang berbeda-beda, namun pada dasarnya sama, yakni untuk membuat landasan hukum.

“Baik mau pelatihan bersama, pertukaran pelajar dari masing-masing angkatan ataupun juga pembelian, dan penjualan alutsista. Itu kita memiliki landasan hukum karena untuk pembelian-pembelian tersebut harus ada landasan hukumnya,” jelas Politisi Fraksi Partai Golkar ini.

Syamsuar Siap Menangkan 7 Kabupaten dan Kota di Pilkada Riau untuk Golkar


Ketua DPD I Partai Golongan Karya (Golkar) Provinsi Riau Drs H Syamsuar MSi/NET

Berita GolkarBakal calon gubernur Provinsi Riau Syamsuar menegaskan siap melaksanakan tugas pemenangan dari Partai Golkar di Pilkada 2024.

Syamsuar resmi ditunjuk DPP Partai Golkar sebagai calon gubernur Provinsi Riau pada Rabu (26/6/2024).

Syamsuar mengatakan, ia akan memenuhi target kemenangan pilkada dari Partai Golkar sebesar 60 persen secara nasional.

Khusus di Provinsi Riau, Syamsuar mengaku sudah membidik kemenangan di 7 kabupaten dan kota.

“Di Riau ada 12 kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada. Maka Partai Golkar harus memenangkan sebanyak 7 pilkada,” tutur Syamsuar, di Pekanbaru, Riau, Rabu.

Ia menambahkan, butuh kerja sama dan soliditas yang tinggi diantara kader partai berlambang pohon beringin untuk mewujudkan kemenangan 60 persen Pilkada 2024.

Syamsuar meminta dukungan seluruh kader Golkar dan simpatisan untuk ikut berjuang bersama dirinya memenangkan Pilkada Riau.

“Seperti tagline saya, saya akan maju dengan bermartabat. Saya akan mengemban amanah dari DPP Golkar untuk maju dengan membawa nama besar Partai Golkar Maka dari itu, saya meminta dukungan penuh dari semua kader di Provinsi Riau,” ujar Syamsuar.

Mantan gubernur Riau ini mengaku seluruh kader Golkar yang akan maju di Pilkada 2024 sudah melakukan sosialisasi merata ke seluruh wilayah.

Ia optimistis mampu memenangkan Pilkada Riau karena sudah mempersiapkan diri secara matang.

Syamsuar yakin, kepemimpinannya sebagai gubernur pada periode lalu membuat suara maupun partisipannya loyal dan akan memilihnya kembali di pilkada yang akan digelar pada November 2024 mendatang.

“Masyarakat masih memgingat kita. Insya Allah kita masih mempunyai basis pendukung yang kuat untuk Pilgubri. Dengan kesolidan kader dan rekan-rekan semua, maka kita akan maju Pilgubri dengan bermartabat,” tegas Syamsuar.

Idrus Marham Akui Elektabilitas Ridwan Kamil Masih Kalah dari Anies di DKI Jakarta


Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Pemilih dan Co-chair Badan Pemenangan Pemilu, Ridwan Kamil.

Berita Golkar–Ketua Dewan Pembina Bappilu DPP Partai Golkar Idrus Marham mengakui elektabilitas Ridwan Kamil masih kalah dibandingkan Anies Baswedan untuk Pilkada DKI Jakarta.

Idrus mengatakan, elektabilitas Anies masih tertinggi di Pilkada Jakarta dibandingkan nama-nama lain.

“Survei-survei yang sudah dilakukan dimana di situ ditempatkan Saudara Anies Baswedan pada posisi nomor satu. Kemudian nomor dua head to head berarti kan Ridwan Kamil. Kemudian kalau masuk Ahok disini tadi dinamis, sangat dinamis,” tutur Idrus saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (26/6/2024).

Idrus menegaskan, Partai Golkar masih mempertimbangkan hasil survei dalam menentukan bakal calon kepala daerah yang akan diusungnya.

Ia menyebut, survei yang dilakukan Partai Golkar bukan hanya survei secara umum atau general, melainkan sudah pada hal-hal spesifik atau mendetail.

“Partai Golkar tetap melakukan hasil survei, dan survei yang dilakukan bukan hanya secara general tetapi secara detail,” tegas Idrus.

Mantan sekretaris jenderal partai berlambang pohon beringin ini menambahkan, partai yang dipimpin Ketum Airlangga Hartarto ini terus berkomunikasi dan berkonsolidasi dengan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk menghadapi Pilkada Jakarta.

Menurutnya, banyak variabel penting yang dipertimbangkan dalam menghadapi pilkada, terutama di Jakarta. Idrus menyebut Golkar masih belum memutuskan karier politik Ridwan Kamil di Pilkada 2024.

Namun, ia mengakui, Golkar sudah memberikan surat tugas kepada mantan gubernur Jabar itu untuk berjuang di Pilkada Jakarta dan Jawa Barat.

“Masih melakukan pengecekan ke bawah melalui survei dan kita prioritaskan pada pemetaan pemilih,” tegas Idrus.

Ia menegaskan, nama calon gubernur untuk Pilgub DKI Jakarta akan ditentukan pada Juli atau Agustus mendatang.

“Terkait dengan kasus DKI Jakarta misalkan, ya memang sampai pada hari ini seperti juga saya sampaikan ke depan, saya konfirmasi juga dengan ketua umum (Airlangga Hartarto), bahwa finalisasi penentuan dan jadinya pada bulan Juli setelah hasil survei dilakukan,” kata Idrus.

Golkar–Gerindra di Bontang Sepakat Koalisi, Buka Peluang Partai Lain Bergabung


Ketua DPD II Golkar Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam (kiri) bersama Ketua DPC Gerindra Bontang, Agus Haris telah sepakat menyatukan Golkar dan Gerindra menghadapi pilkada Bontang.

Berita Golkar – Peta pertarungan di pemilihan kepala daerah Bontang semakin mengerucut. Setelah dua partai menyatakan berkoalisi, yakni Golkar dan Gerindra.

Langkah ini disebut sebagai kelanjutan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) ketika pemilihan presiden lalu.

“Kami mengikuti arahan dari DPD I Golkar Kaltim untuk bersama dengan Gerindra di pilwali mendatang,” kata Ketua DPD II Golkar Bontang, Andi Faizal Sofyan Hasdam.

Ia pun optimistis mampu memenangkan arena politik lima tahun sekali tersebut. Mengingat dua parpol ini memiliki kader yang solid dan massa banyak.

Sementara, Ketua DPC Gerindra Bontang, Agus Haris membenarkan kesepakatan ini. Terkait siapa nama yang diusung, bakal dibahas lebih lanjut.

“Pasti ada pembahasan lebih lanjut terkait formasi. Kami juga masih menunggu arahan dari masing-masing DPP,” ucapnya.

Diketahui, berdasarkan hasil pileg yang digelar Februari lalu, Golkar meraih tujuh kursi di DPRD Bontang. Sementara Gerindra mendapat jatah 3 kursi.

Secara akumulasi, dengan jumlah 10 kursi sudah bisa mengusung pasangan calon. Karena ketentuannya, kursi minimal yang disyaratkan hanya 5.

Ditambahkan Andi Faizal, ada potensi sejumlah partai ikut bergabung. Namun ia belum bisa membeberkannya saat ini.

“Sebab situasi politik masih dinamis. Pasti ada yang bergabung. Karena membangun Bontang itu tidak bisa sendiri. Jadi saya harap tidak hanya Gerindra dan Golkar,” kata Andi Faiz.

Saat ini, baik Golkar dan Gerindra juga telah menjalin komunikasi dengan beberapa partai.

Saat disinggung apakah hanya mengarah ke partai yang tergabung dalam KIM, ia menampiknya.

“Memang prioritas KIM.  Tapi kalau ada dari luar KIM, kami tetap terbuka,” ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Golkar mempunyai satu nama yang dijagokan dalam pilwali Bontang, yakni Neni Moerniaeni. Adapun Agus Haris juga diminta oleh Gerindra Kaltim untuk terjun dalam pilkada.

Sambut Pilkada 2024, Golkar dan PPP di Sukabumi Semakin Kuat


Penguatan koalisi Partai Golkar dan PPP di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 bersama calon Bupati, Asep Japar.

Berita Golkar – Sebagai tindak lanjut atas kesepakatan koalisi Partai Golkar, Partai Gerindra dan PPP di Pilkada Kabupaten Sukabumi yang di resmi dideklarasikan di Grand Sulanjana 26 April 2024 lalu, bakal calon Bupati Sukabumi Asep Japar sambangi jajaran pengurus Partai Persatuan Pembangunan, Selasa (25/06/2024) tadi malam.

Dalam kesempatan itu Asep Japar juga didampingi Ketua Harian Golkar Deni Gunawan beserta sejumlah pengurus Partai berlambang pohon Beringin.

Dalam pertemuan antara dua Partai Koalisi ini, nampak hadir Ketua DPC PPP Kabupaten Sukabumi Dedi Damhudi beserta jajaran pengurus partai.

“Pertemuan ini bertujuan untuk memperkuat silaturahmi dan menyamakan persepsi serta langkah-langkah strategis koalisi untuk memenangkan Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024 mendatang,” ungkap Deni Gunawan kepada awak media, Selasa (25/06) tadi malam.

Dalam pertemuan kali ini, sambung Deni Gunawan, Partai Golkar meminta masukan dan saran dari Pimpinan dan jajaran Pengurus PPP Kabupaten Sukabumi untuk memperkaya materi kampanye sebagai upaya mengakomodir sebanyak mungkin harapan dan keinginan masyarakat Sukabumi.

“Pada prinsipnya PPP dan Golkar memiliki visi yang sama untuk membangun Kabupaten Sukabumi menjadi lebih baik, dengan mengedepankan aspirasi masyarakat dan prinsip-prinsip kerakyatan,” ungkap Deni Gunawan.

Hal senada diungkap bakal calon Bupati Sukabumi, Asep Japar, menurut Asjap koalisi Golkar PPP sepenuhnya bertekad mewujudkan harapan masyarakat Sukabumi dan mengedepankan kepentingan masyarakat.

“Pertemuan dan tukar pikiran seperti ini secara intens kami lakukan untuk merumuskan program kerja yang pastinya memenuhi rasa keadilan bagi rakyat,” ungkap Asep Japar.

“Sebagai kader partai Golkar saya berkewajiban untuk mengimplementasikan doktrin ‘Karya Kekaryaan’ dalam langkah kerja kami. Untuk itu dalam pertemuan ini kami samakan persepsi agar visi misi calon kepala daerah ini berbasis aspirasi dan pemberdayaan masyarakat,” tegas Asep Japar.

Wakil Ketua Golkar Sulsel, Rahman Pina: Saya Bukakan Karpet Kuning untuk Appi


Ketua DPD II Golkar Makassar, Munafri Arifuddin (Appi).

Berita Golkar – Wakil Ketua Golkar Sulsel, Rahman Pina menilai peluang Munafri Arifuddin (Appi) memenangkan Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Makassar cukup besar.

Hal itu berdasarkan hasil survei dari beberapa lembaga yang menunjukkan tren positif bagi Appi.

Mulai dari survei ARCHY Strategy, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), dan survei terbaru internal Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Tiga lembaga survei ini mengunggulkan ketua Golkar Makassar itu.

Rahman Pina secara terang-terangan memuji keunggulan Appi sebagai bacalon wali Kota Makassar.

Meskipun Rahman Pina menyadari bahwa dirinya juga berpeluang maju bertarung di kontestasi Pilkada 2024.

“Peluang Appi untuk memenangkan Pilwali Makassar lebih besar, seperti terlihat dari beberapa lembaga survei,” kata Rahman Pina kepada Tribun-Timur.com, Selasa (25/6/2024).

Ia menilai dilihat dari berbagai survei yang menunjukkan tren penerimaan masyarakat terhadap Appi terus meningkat.

Rahman Pina juga berpendapat bahwa besar kemungkinan dirinya akan mengurungkan niat maju di Pilkada Serentak 2024.

Dan bisa jadi turut mendukung penuh Appi dalam kontestasi politik tersebut, apalagi sesama kader Partai Golkar.

“Maka besar kemungkinan saya akan ikut dan bukakan karpet kuning untuk Pak Appi,” tambahnya.

Ia membeberkan bahwa dalam internal Partai Golkar, calon yang memiliki peluang kemenangan terbesar akan mendapatkan dukungan penuh.

“Selalu saya katakan, siapapun di antara kami berdua yang peluang menangnya besar, itu yang akan maju,” jelasnya.

Dengan meningkatnya dukungan terhadap Appi, Rahman Pina percaya bahwa Golkar memiliki peluang besar untuk meraih kemenangan dalam Pilwali Makassar.

“Jika tren penerimaan Pak Appi terus membaik, maka dia akan mengendarai pintu Partai Golkar,” tegasnya.

Golkar Resmi Usung Syamsuar Jadi Calon Gubernur Riau


Ketua DPD Golkar Riau, Syamsuar.

Berita Golkar–DPP Partai Golkar resmi mengusung Syamsuar sebagai calon gubernur Provinsi Riau, Rabu (26/6/2024).

Keputusan ini disampaikan Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Pemenangan DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia Tandjung saat Konsolidasi Pemenangan Partai Golkar pada Pilkada Serentak 2024, di Hotel Pangeran, Kota Pekanbaru, Rabu.

Doli menuturkan, penunjukkan nama Syamsuar sebagai calon gubernur dari partai berlambang pohon beringin sudah bulat. Ia menegaskan, tidak ada nama lain selain Syamsuar yang diusung Golkar di Pilgub Riau.

“Sudah ada kata bulat dari DPP Partai Golkar, bahwa calon gubernur Riau, Pak Syamsuar,” tutur Doli, Rabu.

Doli menambahkan, tidak ada nama lain selain Syamsuar dalam radar partai yang dipimpin Ketua Umum Airlangga Hartarto ini.

“Tak ada kader Golkar lain yang dicalonkan sebagai gubernur Riau kecuali Pak Syamsuar. Apalagi calon di luar kader Partai Golkar,” tegas Doli.

Doli yang juga Ketua Komisi II DPR RI ini menyebut, alasan partai pemenang kedua Pemilu 2024 ini mengusung Syamsuar karena melihat kiprah dan kepemimpinan Gubernur Riau petahana itu selama ini.

Menurutnya, Syamsuar berhasil memimpin pemerintahan Provinsi dan Partai Golkar di Riau.

Doli mengatakan, banyak kemajuan yang telah dicapai Provinsi Riau di bawah kepemimpinan Syamsuar.

“Pak Syamsuar juga sukses mengemban tugas yang diberikan partai. Kemanapun Pak Syamsuar dibawa, hasilnya menang. Menang dalam Pilkada 2019 dan Pak Syamsuar juga menang, terpilih sebagai anggota DPR RI,” ujar Doli.

Sementara, Syamsuar sendiri mengaku siap melaksanakan tugas Partai Golkar. Ia menegaskan, akan mencalonkan diri sebagai calon gubernur Riau secara bermartabat.

“Seperti tagline saya, saya akan maju dengan bermartabat. Saya akan mengemban amanah dari DPP Golkar untuk maju dengan membawa nama besar Partai Golkar,” ujar Syamsuar.

Ia meminta seluruh kader partai bernomor urut 4 di Pemilu 2024 itu mendukung penuh dirinya untuk bertarung di Pilkada Riau.

“Saya meminta dukungan penuh dari semua kader di Provinsi Riau,” tuturnya.

Syamsuar optimistis dirinya bisa kembali memenangkan Pilgub Riau. Selain itu, ia juga optimistis Golkar mampu memenangkan pilkada di 7 dari 12 kabupaten kota di Provinsi Riau yang akan menggelar Pilkada Serentak 2024 pada November mendatang.

Scroll to top